Info RAIMUNA NASIONAL 2012

KERANGKA ACUAN 

RAIMUNA NASIONAL X TAHUN 2012

YANG DISEMPURNAKAN DALAM RAPAT KWARDA PAPUA, KWARDA PAPUA BARAT DENGAN KWARTIR NASIONAL DAN DKN 25 DAN 26 AGUTUS 2011 DI KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA

1.      Latar Belakang

Sejak lahirnya Gerakan Pramuka pada tahun 1961, Gerakan Pramuka telah mengemban amanah untuk membina generasi muda Indonesia dengan sistem kepanduan agar dapat menjadi kader dan pemimpin bangsa yang handal dengan bermodal watak serta tingkah laku yang baik dan bijaksana serta ditambah dengan nilai–nilai agama yang sesuai dengan keyakinannya masing – masing.

Dalam melakukan pembinaan terhadap generasi muda Indonesia, Gerakan Pramuka menggunakan sistem pembinaan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metoda Kepramukaan. Serta dilakukan penggolongan terhadap anggotanya, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega serta Orang Dewasa yang berdasarkan atas usia anggota.

Setiap golongan memiliki kegiatan besar yang merangkum semua metoda pembinaan yang dilaksanakan selama menjadi anggota Gerakan Pramuka. Mulai dari Pesta Siaga, Jambore untuk Penggalang, Raimuna untuk Penegak dan Pandega, serta Karang Pamitran bagi Orang Dewasa.

Saat ini merupakan masa transisi bagi usia pemuda 16 s.d. 25 tahun untuk mencari jati diri serta merupakan era globalisasi yang terdapat multi krisis, baik moral, dan tingkah laku, bahkan ekonomi. Sehingga pemuda dalam usia Penegak dan Pandega perlu metoda dan jenis kegiatan yang bertujuan untuk memberikan arahan agar menjadi kader pembangunan bangsa yang baik dan handal, minimal untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Dalam tujuan dan tugas yang diemban Gerakan Pramuka serta untuk mengurangi dampak dari era globalisasi dan krisis multi dimensi tersebut serta dengan objek pembinaan usia 16 s.d. 25 tahun, maka Gerakan Pramuka, mulai dari Kwartir Nasional hingga Gugus Depan mengadakan kegiatan  besar bagi golongan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dengan nama Raimuna, yang merupakan kegiatan terdiri atas pengembangan wawasan, bakti, keterampilan, dan kebudayaan.

Raimuna sendiri merupakan dua buah kata yang berasal dari Suku Ambai, Provinsi Papua, terdiri atas Rai yang artinya Pertemuan, dengan Muna yang artinya Pemimpin/Kepala Suku. Sehingga Raimuna dapat diartikan Pertemuan Para Pemimpin/kepala Suku, makna tersebut dapat mewakili makna pertemuan besar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, karena Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega merupakan para pemimpin dikelompoknya masing – masing dan calon pemimpina bangsa.

Sesuai dengan kelender kegiatan dan keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka tahun 2008, diputuskan pelaksanaan Raimuna Nasional pada tahun 2012 bertempat di Papua dan selaku tuan rumah adalah Kwarda Papua. Guna memperlancar segala usaha dan persiapan pelaksanaan kegiatan, maka diperlukan Kerangka Acuan Raimuna Nasional X tahun 2012.

2.      Dasar Pelaksanaan Kegiatan

  • UU Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
  • Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
  • Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
  • Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega
  • Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja
  • Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Petunjuk Penyelenggaraan Raimuna
  • Rencana Strategik Gerakan Pramuka tahun 2008 s.d. 2012.
  • Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka tahun 2008 tentang Pelaksanaan Raimuna Nasional X tahun 2012
  • Program Kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tahun 2008 s.d. 2013

3.      Maksud dan Tujuan

Maksud pelaksaan kegiatan ini adalah

  1. Melaksanaan tujuan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega,
  2. Meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  3. Meningkatkan kecintaan tanah air,
  4. Rasa Persaudaraan,
  5. Membentuk sikap Teguh, Rela berkorban, Mandiri, dan penuh tanggung jawab.

Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah :

  1. Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Meningkatkan wawasan kebangsaan,
  3. Meningkatkan rasa kebersamaan dikalangan Pemuda Indonesia,
  4. Menjadi kader pemimpin dimasyarakat,
  5. Memperoleh tambahan keterampilan dan pengalaman.

4.      Nama Kegiatan

Kegiatan ini dinamakan Raimuna Nasional X tahun 2012

5.      Tema

Pramuka Indonesia bersama masyarakat membangun kampung tanah Papua

 

6.      Moto

Satyaku kudarmakan,  darmaku kubaktikan

7.      Rencana Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Raimuna Nasional X tahun 2012, direncanakan dilaksanakan pada bulan 24 – 30 Juni  2012 (bertepatan dengan kalender liburan pendidikan) selama tujuh hari serta bertempat diBumi Perkemahan Cenderwasih Jayapura Papua .

8.      Perkiraan Peserta, Pimpinan Kontingen, dan Pembina Pendamping

Peserta Raimuna Nasional X tahun 2012, terdiri atas :

  • Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berasal dari utusan Kwartir Cabang se-Indonesia,
  • Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berasal dari utusan Gugus Depan Gerakan Pramuka di Luar negeri,
  • Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berasal dari utusan Organisasi Kepanduan Negara Lain,
  • Pemuda dan Pemudi Indonesia (Pelajar, Mahasiswa, Penganguran, dll) yang berusia 16 s.d 25 tahun, yang berasal dari Organisasi Kepemudaan Indonesia dan atau bukan Organisasi Kepemudaan Indonesia serta bukan merupakan anggota Gerakan Pramuka.

Dengan persyaratan secara umum adalah :

  1. Pramuka atau Pemuda yang berusia 16 s.d 25 tahun, dan telah memenuhi kecakapan Umum digolongannya untuk anggota Pramuka,
  2. Sehat Jasmani dan dibuktikan oleh Surat Keterangan Sehat Dokter,
  3. Mendapatkan izin dari Orang Tua/Wali dengan dibuktikan Surat Izin Orang Tua/Wali,
  4. Merupakan perwakilan dari Gugusdepan, dan Kwartirnya atau Organisasi/ Perkumpulannya dengan dibuktikan dengan Surat Tugas,
  5. Mendapatkan izin dari Pimpinan Institusinya dengan membuktikan surat izin institusi masing – masing,
  6. Sanggup membayar fee peserta, terdiri atas biaya perkemahan, kegiatan, konsumi, perlengkapan peserta berupa topi, kaos kegiatan, tanda peserta, scraf peserta, Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA) bagi yang memenuhi ketentuan, serta Piagam Kegiatan, yang jumlah/besarnya ditentukan kemudian.

Pimpinan Kontingen, merupakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (atau seusia Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega) yang bertugas memimpin dan bertanggung jawab terhadap Kontingennya.

Dengan persyaratan secara umum adalah :

  1. Pramuka atau Pemuda yang berusia 16 s.d 25 tahun, dan telah memenuhi kecakapan Umum digolongannya untuk anggota Pramuka,
  2. Sehat Jasmani dan dibuktikan oleh Surat Keterangan Sehat Dokter,
  3. Mendapatkan izin dari Orang Tua/Wali dengan dibuktikan Surat Izin Orang Tua/Wali,
  4. Merupakan perwakilan dari Gugusdepan, dan Kwartirnya atau Organisasi/ Perkumpulannya dengan dibuktikan dengan Surat Tugas,
  5. Mendapatkan izin dari Pimpinan Institusinya dengan membuktikan surat izin institusi masing – masing,
  6. Sanggup membayar fee Pinkon, terdiri atas biaya perkemahan, kegiatan, konsumi, perlengkapan peserta berupa topi, kaos kegiatan, tanda peserta, scraf peserta, Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA) bagi yang memenuhi ketentuan, serta Piagam Kegiatan, yang jumlah/besarnya ditentukan kemudian.

Pembina Pendamping, adalah Orang Dewasa yang bertugas untuk membimbing Kontingen untuk melaksanakan tugas dan fungsinya masing – masing dalam kontingen. Sesuai dengan prinsip pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Dengan persyaratan:

  1. Berusia lebih dari 28 tahun (sesuai Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka), lebih baik telah memenuhi syarat sebagai Pembina Mahir Pramuka Penegak/Pramuka Pandega,
  2. Sehat Jasmani dan dibuktikan oleh Surat Keterangan Sehat Dokter,
  3. Merupakan perwakilan dari Gugus Depan, dan Kwartirnya atau Organisasi/Perkumpulannya dengan dibuktikan dengan Surat Tugas,
  4. Mendapatkan izin dari Pimpinan Institusinya dengan membuktikan surat izin institusi masing – masing,
  5. Sanggup membayar fee Bindam, terdiri atas biaya perkemahan, kegiatan, konsumi, perlengkapan peserta berupa topi, kaos kegiatan, tanda peserta, scraf peserta, Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA) bagi yang memenuhi ketentuan, serta Piagam Kegiatan, yang jumlah/besarnya ditentukan kemudian.

Perkiraan jumlah Peserta, Pinkon, dan Bindamping adalah:

  • Peserta utusan Kwarcab se-Indonesia

8 orang putera dan 8 orang puteri, dari 486 Kwartir Cabang se-Indonesia, sebanyak   7.776 orang

  • Peserta utusan Gudep Luar Negeri

8 orang putera dan 8 orang puteri, dari  10 Gugusdepan Luar Negeri  sebanyak 160 orang

  • Peserta dari Luar Negeri ASEAN dan PNG

8 orang putera dan 8 orang puteri, dari 11 Negera sebanyak 176 orang

  • Pinkon

1orang putera dan 1 orang puteri  dari 33 DKD   sebanyak 66 orang

  • Bindamping Kwarda

1 orang Pembina putera dan 1 orang Pembina Puteri dari 33 Kwarda sebanyak 66 orang.

  • Bindamping Gugusdepan Luar Negeri

1 Orang Putera dan 1 orang Puteri dari 11 Negera sebanyak 22 orang

Jumlah  seluruh peserta, pinkon, dan bindamping  adalah   8.286   orang.

 

9.      Campfee

Peserta Lokal Rp. 300.000/orang

Pinkonda & Bindamping Rp. 400.000/orang

Peserta & Bindamping Luar Negeri US $ 150/orang

10.  Kepanitiaan

Kegiatan Raimuna Nasional X tahun 2012 diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dengan tuan rumah adalah Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua . Untuk menyelenggarakan Kegiatan serta melaksanakannya, maka Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan membentuk Panitia Penyelenggara, dan Sangga Kerja/Panitia Pelaksana yang berasal dari unsur Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah Tuan Rumah, dan unsur Dewan Kerja se-Indonesia.

Uraian tugas dan tanggung jawab Panitia Penyelenggara dan Sangga Kerja/Panitia Pelaksana dijabarkan kemudian oleh Kelompok Kerja.

11.  Kedatangan Kontingen.

Semua kontingen daerah mupun kontingen Cabang yang datang ke Papua mengunakan Pesawat Udara dan Kapal laut.  Setelah tiba dibandara maupun pelabuhan laut semuanya akan dijemput dengan ADAT  PENERIMAAN TAMU. Selanjutnya akan  dipandu oleh seorang pendamping yang berasal dari daerah kontingen tersebut.

12.  Transportasi.

a. Transportasi Udara:          1) Garuda 3 X penerbangan sehari

2) Merpati  3 X Penerbangan sehari

3) Lion Air 2 X Penerbangan sehari

4) Batavia  1 X Penerbangan

5) Expres  1 X Penerbangan

6) Hercules TNI AU

b.Transportasi Laut:             1)  KM Gunung Dempo 5 hari perjalanan

2) KM Doloronda 6 hari perjalanan

3) KM Ngapulu  6 hari perjalanan

4) KM Sinabung 6 hari perjalanan

5) KM Dobonsolo

6) KRI Banda Aceh dari Jakarta

7) KRI Nusanife dari Jakarta

8) KRI  Makasar dari Surabaya

9) KRI Surabaya dari Surabaya

c.Transportasi Lokal :           1) Kendaraan Bus milik Pemda Provinsi 10 unit

2) Kendaraan Bus milik Pemda Kabupaten Kota /Kabupaten 10 unit

3) Kendaraan Bus anak sekolah  8 unit

4) Kendaraan Bus DAMRI  10 unit

4) Kendaraan Truk Milik TNI/POLRI … unit

5) Kendaraan sewa (angkutan umum, hotel) …. unit

Akomodasi :

1.  Hotel 25 unit (direncanakan di VVIP dan VIP di SwisBell Hotel, Kwarnas, Gubernur dan Kwarda di Hotel Assthon)

2. Asrama, Diklat  dan Penginapan lainnya.

13.  Bentuk Kegiatan

Kegiatan pada Raimuna Nasional X tahun 2012 dilaksanakan dalam bentuk, al :

  • Pengenalan Kegiatan
  • Praktek dan Simulasi
  • Dinamika Kelompok
  • Diskusi
  • Lokakarya
  • Interaksi
  • Komunikasi

14.  Jenis Kegiatan

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan generasi muda Indonesia dan global, maka kegiatan–kegiatan dalam Raimuna Nasional X tahun 2012 dilaksanakan dengan beberapa jenis kegiatan, antara lain:

  • Perkemahan
  1. Apel
  2. Kunjungan Persaudaraan
  3. Kegiatan Keagaamaan
  4. Api Unggun
  • Keterampilan
  1. Kesakaan
  2. Kepemimpinan
  3. Kehumasan
  4. Kewirausahaan
  5. Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  6. Kesehatan
  7. Isu Interaktif
  • Wawasan Nusantara
  1. Pengenalan Lingkungan
  2. Bela Negara
  3. Budaya Nusantara
  • Bakti Masyarakat
  1. Penanaman Pohon Sagu
  2. Penghijauan di daerah sekitar Buper
  3. Penanaman mangrove di Teluk Yotefa
  • Kegiatan wisata yang direncanakan adalah :
  1. Festival Danau Sentai (FDS).
  2. Napak  Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional Marthen Indey.
  3. Napak Tilas Perang  Dunia Kedua
  4. Kampung Wisata Tablanusu  Kab. Jayapura.
  5. Mengunjungi Perbatasan  RI – PNG dan Vanimo Province
  6. Mengunjungi Stadion Mandala.
  7. Wisata Executif   ke Wamena menyaksikan  Perang Suku.
  8. Wisata hutan sagu dan menyaksikan proses pembuatan sagu.
  • Global Development Village
  1. Brotherhood
  2. Culture and Arts
  3. Technology
  4. Communication
  5. Global Issues
  6. Unity of the Nations
  7. Creativity
  8. Music
  9. Dance
  10. Theatre
  11. Cinema show
  12. Food and Drink
  13. Nation and Culture Days
  • Kebudayaan dan Olahraga
  1. Budaya Bangsa
  2. Kesenian
  3. Persaudaraan
  4. Olahraga

15.         Metoda Kegiatan

Proses yang dilaksanakan dalam Raimuna Nasional X tahun 2012 dengan sifat “Edukatif, Kreatif, Produktif, Inovatif, Rekreatif”, selanjutnya metoda yang digunakan dalam Raimuna Nasional X tahun 2012 adalah Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik.

16.         Sistem Perkemahan

Dalam rangka proses pembelajaran dan melakukan sistem “belajar sambil melakukan” dilakukan sistem perkemahan yang dipimpin oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang dipilih dan merupakan Pimpinan seluruh Perkemahan, yang selanjutnya sistem perkemahan dibentuk sepertihalnya sebuah pemerintahan setingkat dengan Provinsi/Kabupaten hingga tingkat RT.

Sistem satuan terpisah antara Putera dan Puteri, serta dipimpin oleh kelompok mereka sendiri. Ditambah dengan beberapa bagian yang semuanya dipimpin oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, sesuai dengan prinsip pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega, “dari, oleh, dan untuk Pramuka Penegak dan Pandega dengan kerjasama orang Dewasa”.

Bentuk Tenda

Dalam rangka mengenal dan meningkatkan budaya asli kehidupan pemukiman masyarakat asal kata atau nama Raimuna yang mendiami pesisir kepulauan Yapen yaitu suku Randawaya dana ambay kabupaten kepuluan  Yapen,maka  bentuk tenda yang akan digunakan oleh seluruh peserta perkemahan adalah  “ Bentuk rumah asli yang  atapnya dari daun sagu dan dinding dari gaba-gaba atau kulit kayu. Serta bahan bakarnya dari kayu kering.

Semua bahan ini disediakan oleh Panitia  dan peserta tinggal masuk dan membayar free perkemahan.

17.    Tahapan Pelaksanaan

Untuk melaksanakan kegiatan Raimuna Nasional X tahun 2012, proses pelaksanaannya dijalankan dalam beberapa tahapan, antara lain :

  • Tahap Persiapan
  1. Pembentukan Kelompok Kerja (Bulan Pertama)
  2. Pembuatan dan Pengesahan Petunjuk Pelasaksanaan (Bulan Ketiga)
  3. Pembentukan Panitia dan Sangga Kerja
  4. Pembentukan Tim Usaha Dana
  5. Pembuatan Rancangan Anggaran
  6. Pembuatan Logo, Maskot, dan Penentuan Tema dan Slogan Kegiatan
  7. Audensi dengan Pemerintah Pusat dan Tuan Rumah
  8. Pencarian Sponsor Kegiatan
  9. Pelatihan Sangga Kerja
  10. Kampanye Kegiatan
  11. Penayangan Iklan
  12. Promosi Kegiatan
  13. Pelibatan Media Massa
  14. Simulasi Kegiatan
  15. Press Conference
  16. Pengesahan dan Penyebaran Petunjuk Teknis (Juknis)
  • Fasilitas pendukung yang sedang disiapkan dalam tahun anggaran 2011 adalah :
  1. Pembangunan Jaringan Air Bersih
  2. Pekerjaan Gedung  Kwarda dan Aula
  3. Pekerjaan Pintu Gerbang.
  4. Pekerjaan Pembangunasn areal Parkir.
  5. Pekerjaan kantor Pengendali kegiatan.
  6. Pekerjaan Pendopo.
  7. Pekerjaan Tribun Stadion
  8. Pekerjaan Rumah jaga
  9. Pekerjaan MCK
  10. Pekerjaan Gudang.
  11. Pekerjaan Lapangan futsal.
  12. Pembuatan Tugu atau patung Baden Powell.

18.  Fasilitas yang akan dikerjakan tahun anggaran 2012  adalah :

  1. Pelebaran jalan diareal buper.
  2. Pekerjaan Jaringan Listrik.
  3. Tambahan  MCK darurat.
  4. Rumah sakit lapangan
  5. Penyiapan lahan pasar Tradisional dan pasar umu

19.    Tahap Pelaksanaan

–       Perkemahan

–       Upacara Adat Ambalan Bhinneka Tunggal Ika

–       Upacara Pembukaan

–       Kegiatan Hari Pertama

–       Kegiatan Hari Kedua

–       Kegiatan Hari Ketiga

–       Kegiatan Hari Keempat

–       Kegiatan Hari Kelima

–       Kegiatan Hari Keenam

–       Kegiatan Hari Ketujuh

–       Kegiatan Hari Kedelapan

–       Kegiatan Hari Kesembilan

–       Kegiatan Hari Kesepuluh

–       Upacara Adat Ambalan Bhinneka Tunggal Ika

–       Upacara Penutupan

20.    Tahap Pelaporan

–       Pertemuan Evaluasi

–       Penilaian Kegiatan

–       Pembuatan Laporan

–       Laporan Keuangan

–       Ucapan Terimakasih

–       Pembubaran Panitia

21.         Kelompok Kerja

Dalam rangka mempersiapkan dan menyusun pondasi awal dari kegiatan Raimuna Nasional X tahun 2012, maka perlu dibentuk sebuah kelompok yang bertugas untuk menyusun serta membentuk langkah awal dan mengembangkan konsep Raimuna Nasional X tahun 2012, dan Konsep Kegiatan, Konsep Perkemahan, Konsep Kepanitiaan, Konsep Keuangan, Konsep Administrasi, Konsep Sarana Pendukung dengan menghasilkan Petunjuk Pelaksanaan Raimuna Nasional X tahun 2012.

Kelompok Kerja berjumlah 9 (sembilan) orang yang terdiri atas unsur unsur:

  1. Andalan Nasional Gerakan Pramuka
  2. Andalan Nasional Korwil Maluku Papua
  3. Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka
  4. Kepala Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka tingkat Nasional
  5. Pimpinan Satuan Karya Pramuka tingkat Nasional
  6. Staf Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
  7. Andalan Daerah Papua
  8. Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Papua
  9. Purna Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka

22.    Anggaran Kegiatan

Sebuah kegiatan akan membutuhkan anggaran, tergantung tingkat dan level kegiatan. Anggaran Raimuna Nasional X tahun 2012 berasal dari :

  • Fee Peserta dan Pinkoda, serta Bindamping
  • Anggaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
  • Bantuan Pemerintah Pusat
  • Bantuan Pemeintah Daerah
  • Sponsor kegiatan yang tidak melanggar aturan atau Undang–undang yang berlaku

23.    Penutup

Demikianlah Kerangka Acuan Kegiatan ini dibuat, sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan besar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Terimakasih.

Jakarta, 26 Agustus   2011

Gerakan Pramuka Kwarda Papua

K e t u a,

Alex Hesegem,SE

SUMBER INFO :

Rapat antara Kwarnas, DKN dan Kwarda Papua 25 dan 26 Agustus 2011 di gedung Kwarnas. Naskah telah di edit disesuaikan untuk kepentingan “informasi publik” oleh Kak Ha Te.

Maskot Raimuna Nasional 2012

63 respons untuk ‘Info RAIMUNA NASIONAL 2012

  1. VERY VADLY 23/11/2011 / 23:33

    SEMOGA AKU BISA IKUT SERTA DALAM KEGIATAN INI

  2. dkc_kapuas 24/11/2011 / 13:59

    AMIIIN KAK,, SEMOGA KITA SEMUA DAPAT BERPARTISIPASI..

  3. jery 26/11/2011 / 16:53

    semoge nanti saye masuk seleksi untuk dari daerah kalimantan Barat…..
    untuk mengikuti kegiatan penegak yg selama ini tunggu-tunggu..

    • dkc_kapuas 26/11/2011 / 19:40

      Amiin kak.. Semoga nanti kita bisa bertemu..

      • jery 03/12/2011 / 16:12

        amin..
        semoga bln 6 nanti kita ketemu ya……

  4. dkc_kapuas 03/12/2011 / 18:56

    Oke deh,, semoga ketemu kak..
    Add Facebook kami kak @http://www.facebook.com/dkckapuas

  5. jeryt 04/12/2011 / 08:25

    udah saya add kak

    • jery 12/01/2012 / 11:35

      ngomong” kalau boleh tahu, diperkirakan brp uang utk ikut RAINAS 2012 di PAPUA?
      per orang

      • dkc_kapuas 22/01/2012 / 08:44

        kalau untuk itu kami sendiri masih belum tau kak,, biasanya semua tergantung kwartir masing-masing..

  6. Universitas Pramuka Indonesia 08/12/2011 / 09:27

    kami dari bumi sawerigading mnunggu info selanjutnya…

    salam pramuka
    Rektor Univ. Pramuka Indonesia

    cp grouf FB: Universitas Pramuka Indonesia

    • dkc_kapuas 14/12/2011 / 14:48

      Iya kak,, Semoga kita bisa ketemu ditanah papua..

  7. zulham arief 24/12/2011 / 17:59

    kakak, kenapa maskotnya tidak melambangkan seorang anggota pramuka pengak-pandega? seragam pramuka penegak-pandega itukan memakai celana panjang, bukannya celana pendek. kaos kaki seorang pramuka itu warna hitam, bukan putih. tali sumpritan pramuka penegak itu warna kuning, bukan hitam. mohon dipebaiki. ini semua untuk menunjang kesuksesan Raimuna Nasional kita 🙂

    • dkc_kapuas 24/12/2011 / 18:46

      mohon maaf kak zulham,, untuk hal itu kami sendiri belum tau kenapa maskotnya seperti itu..

      memang tidak melambangkan seorang Pramuka T/D,, tapi mungkin yang membuat mempunyai arti lain dalam hal ini,, nanti kalau kami mengetahui pasti kami share di Blog ini..

      untuk saat ini kami masih belum bisa menjawab.. terimaksih..

  8. Maya lidia yom 07/01/2012 / 03:32

    Wah seru. . . Rainas mudah-mudahan kita bisa bertemu di buper. . . salam PraMuka !!!

    • dkc_kapuas 07/01/2012 / 16:36

      Salam pramuka,, moga kita bisa ketemua kakak sekalian.. semangat kita akan dibawa sampai rainas dan seterusnya.. okeh..

  9. mikhael pakonglean 10/01/2012 / 10:12

    wah asyikX …… moga Q bisa ikut…
    salam dari tana toraja

    • dkc_kapuas 22/01/2012 / 08:43

      Iyaaa kak,, semoga kita ketemu disana..
      Salam hangat persahabatan dari DKC.Kapuas

  10. mikhael pakonglean 10/01/2012 / 10:13

    wah asyik…… moga2 Q bisa ikut….
    salam dari tana Toraja

  11. nanang dirlam 18/01/2012 / 11:34

    semoga kita berjumpa ya kaka2

    • dkc_kapuas 22/01/2012 / 08:44

      iyaa kakak,, semoga kita dapat bertemu muka di lokasi RAINAS nanti..

  12. rahma y. h. 23/01/2012 / 22:32

    dibgai bagi sampai daerah asal ok

    • dkc_kapuas 28/01/2012 / 18:23

      pastinya lah kak,, percuma kalau sudah sampai nasional tapi pelit sama ilmu yang dia dapat..

  13. dadi rahmat 30/01/2012 / 18:35

    tunggu saya di sana !!!

    • dkc_kapuas 01/02/2012 / 20:21

      Iyaaa.. kak,, kita semua akan ketemua di bumi perkemahan..

  14. jay 31/01/2012 / 19:10

    mudah2an aku bisa ikutan aminnn

  15. jay 31/01/2012 / 19:14

    salam pramuka!!!!!
    semoga aku dapat ikut dan mensukseskan raimuna 2012.
    salam kenal buat anggota pramuka seluruh indonesi, saya dari kwarcab kota tasikmalaya mengucapkan selamat sukses

    • dkc_kapuas 01/02/2012 / 20:22

      Sama-sama kak,, semoga kita dapat berjumpa disana..
      di post ini sudah berkumpul berbagai orang,, semoga kita semua bisa bertemu..

    • Indah Ambalan Mulawarman-Ratu Sima SMA Wahidiyah Kota Kediri 21/02/2012 / 12:35

      Amien…
      Slam bwat sdra2 s’sama Praja Muda Karana, ya… nanti klo
      sudh smpai d sna. dan slam knal smua, dri sya di Kwarcab Kota Kediri.
      Wlopun bnyak rintangan kta ttap b’juang
      P’juangan bukan mudah manis pahit itu biasa

      Salam Pramuka……

      • dkc_kapuas 22/02/2012 / 12:03

        Terimakasih kak..

        Salam Pramuka

  16. Dadi Rahmat 01/02/2012 / 07:22

    kita bertemu di sana kak ! 🙂

  17. teguh prasetyo 02/02/2012 / 01:05

    ii jadi gak sabar untuk ikot rainas ini .
    aku optimis akan ikot .
    amiin 🙂
    doa kan ya rekan rekan 🙂

    SALAM PRAMUKA !

    • dkc_kapuas 03/02/2012 / 16:04

      doa kami bersama seluruh anggota pramuka di INDONESIA..
      Sampai Berjumpai DI BUMI PERKEMAHAN kakak..

  18. Ariyandi Musthofa 04/02/2012 / 20:26

    Semoga sya bisa ikut ya Kaka, buat nambah pengalaman,
    Tapi untuk ikut seperti ini sepertinya cukup sulit.

    • dkc_kapuas 07/02/2012 / 12:44

      amiin kakak..

      tidak terlalu sulit kakak..

      Kakak hanya harus meloloskan diri ditahap seleksi pada kegiatan
      – Raimuna Ranting
      – Raimuna Cabang

      dan ikut serta dalam Raimuna Daerah..

  19. Rinry 05/02/2012 / 14:22

    Semoga saya dpt ikut serta menyukseskan RaiNas 2012 nnt .. >_^

  20. juli 10/02/2012 / 08:59

    SEMOGA SUKSES DAN LEBIH BAIK DARI RAINAS-RAINAS YANG LALU-LALU.

  21. amri 12/02/2012 / 09:48

    saya berharap bisa ikut dalam kegiatan tersebut,,,
    hanya saja ada 1 permasalahan, yaitu ijin dari pimpinan karena ikatan dinas.

    semoga kita jumpa disana…. saya dari kwarcab kudus (jawa tenga)

    Salam Pramuka…!!!

  22. agus 12/02/2012 / 19:55

    ya allah semoga aku bisa ikut dalam kegiatan raimuda nasional ini…
    ammin yaro’bal alamin..,

  23. fastabiqul khoirot 14/02/2012 / 20:40

    mudah mudahn aku bisa ikuut kegiatan ini,,,, ya allah kabulkan lah permintaan hamba dan sukses kan kegiatan besar ini dan jayakanlah pramuka
    salam pramuka !!

  24. ULya Ceiy 19/02/2012 / 15:18

    moga sukses ja dch……………

    • Indah Ambalan Mulawarman-Ratu Sima SMA Wahidiyah Kota Kediri 21/02/2012 / 12:39

      Gedeelde smart is halve smart and gedeelde vreudg is dubelle vreudg
      ‘Kesedihan yang dibagi berarti tinggal setengah kesedihan namun kesenangan yang dibaga berarti kesenangan yang berlipat ganda’.

      Salam Pramuka……….

  25. ULya Ceiy 19/02/2012 / 15:26

    moga sukses ja bwat papua to………….

  26. Indah 21/02/2012 / 12:26

    Pandu Indonesia always Praja Muda Karana

  27. bakhtiar 28/02/2012 / 18:42

    smoga saya dapat ikut berpartisipasi dalam raimuna X……
    dan mewakili racana KALIMASADA………. :”)

  28. Bahktiar Ardi Nugroho 28/02/2012 / 18:44

    smoga saya dapat ikur berpartisipasi dlm RAIMUNA ke X………

    salam PRAMUKA……………..!!!!!!!!!!

  29. suriman 06/03/2012 / 20:39

    salam pramuka untukkakak2 putra……..
    salam pramuki untuk kakak2 putri………
    sampai bertemu di rainas papua 2012…..

  30. memey 08/03/2012 / 14:39

    wach seru bgt.,.,,.,.!!
    mudah”n q biza lolos seleksi n biza ikut.,.,

  31. rachman 11/03/2012 / 17:26

    kak berapa angaran untuk peserta RAINA KA

    • dkc_kapuas 15/03/2012 / 17:12

      wah,, untuk informasinya dana biasanya masing2 kwartir kak..

    • aghax 10/09/2012 / 14:36

      klo d liat dr artikel di atas sich :
      9. Campfee

      Peserta Lokal Rp. 300.000/orang

      Pinkonda & Bindamping Rp. 400.000/orang

      Peserta & Bindamping Luar Negeri US $ 150/orang

  32. ryan 05/06/2012 / 08:30

    kpan sich d mulainya rainas itu kak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s